Pagi yang Normal, dan Sampah Daun Depan Rumah

PAGI yang normal, bagi saya, adalah pagi tatkala saya bisa melakukan berbagai kegiatan domestik, termasuk menyapu sampah daun dan bunga di depan omah wetan saya, di pinggir jalan cukup besar. Seperti tadi pagi.

Normal, karena itu berarti saya tidak sedang sakit, atau tidak sedang bepergian pagi — saya tak lagi bekerja kantoran setelah pensiun empat tahun lalu, sejak Juni 2019 — atau sedang tidak turun hujan, atau lain-lainnya.

Di depan rumah saya ada pohon Kemboja besar yang tiap hari sebagian daunnya gogrok, demikian pula sebagian bunganya, yang kemudian mengering. Setiap pagi terkumpul cukup banyak sampah daun dan bunga kering tersebut.

Idealnya menyapu sekaligus membersihkan sampah daun dan bunga saya lakukan pagi dan sore, tapi hanya saya lakukan pagi hari saja. Kenapa? Karena enggak ideal tidak apa-apa.

Sore atau kadang setelah magrib, depan rumah tidak sapu melainkan hanya saya sirami pakai air lewat selang dari keran air PAM di halaman rumah. Tentu saat sedang tidak musim hujan seperti sekarang.

8 tanggapan untuk “Pagi yang Normal, dan Sampah Daun Depan Rumah

Tinggalkan komentar