Akhirnya Bukan Lagi Milik Kami…

BANGUNAN yang terlihat tua ini sudah berganti pemilik.   Setelah bertahun-tahun ditawarkan diam-diam —tanpa melalui iklan dalam bentuk apapun— akhirnya rumah di Jalan Sadewa No 23 di Kampung Slembaran, Serengan, Solo, Jawa Tengah, ini laku terjual.

Rumah peninggalan orangtua kami itu bagus pada zamannya. Tetapi sejak beberapa waktu lalu telah menjadi bangunan tua yang tak sebagus rumah-rumah di sebelah kiri, kanan maupun depannya (tak termasuk sebelah belakang, karena belakang rumah itu adalah sebuah sungai yang dikenal dengan nama Kali Jenes).

Rumah yang memang tua, karena dibangun menjelang 1970 silam. Rumah di atas tanah seluas sekitar 700 meter persegi. Rumah di mana saya menghabiskan sebagian kehidupan saya, tatkala masih murid SD (kini saya berusia 47 tahun). Rumah yang sejak beberapa tahun lalu dipakai salah seorang adik wanita saya dan suaminya, bersama tiga keponakannya (termasuk dua anak saya…).

Kini rumah tersebut bukan lagi milik kami, yaitu saya dan saudara-saudara saya. Setelah bertahun- tahun ditawarkan diam-diam —tanpa melalui iklan dalam bentuk apapun— akhirnya rumah ini laku terjual. Berganti pemilik sejak awal September 2011.

Sesungguhnya hanya soal waktu saja bahwa rumah ini bakal berganti pemilik (Karena, memang kami sudah lama menawarkannya, meski tidak dengan tergesa-gesa). Meski begitu, ketika rumah kami benar-benar berpindah tangan, tetap saja kami merasa kehilangan…..

Saat saya tulis naskah ini, rumah tersebut sudah kosong tetapi masih dipakai tidur seorang penjaga yang kami percayai karena pembayaran belum lunas. Tetapi, dalam hitungan hari, sang pembeli bakal melunasi, dan mungkin setelah tanggal 19 September 2011 nanti pemilik baru tersebut bakal memasang pagar keliling di halaman rumah seluas sekitar 700 meter persegi itu.

One thought on “Akhirnya Bukan Lagi Milik Kami…

  1. giri

    hidup penuh dengan perubahan.mau tidak mau kita harus siap dengan perubahan itu.meskipun berat untuk melepas & melupakannya. saya juga mengalami seperti Anda.

    Balas

Tinggalkan Balasan

